Airin Resmikan Bank Sampah Teratai,Menukar Sampah Menjadi Emas

Airin Resmikan Bank Sampah Teratai,Menukar Sampah Menjadi Emas

TANGSEL,Citranewsindonesia – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, meresmikan bank sampah RW 04 dengan tema The Gade Clean & Gold Teratai, Kelurahan Pondok Pucung, Pondok Aren, Kota Tangsel, Rabu (18/6)

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, mengucapkan terima kasih kepada PT Pegadaian yang sudah membantu Pemkot Tangsel dalam dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp 120 juta untuk wilayah Tangsel.

Pegadaian bank sampah ini tidak mungkin berjalan dengan sendirinya, tanpa adanya kolaborasi warga RW 04. “Terima kasih kepada Pengurus dan warga RW 04 yang sudah bahu membahu menyelesaikan masalah lingkungan, dengan adanya bank sampah ini, sampah memiliki nilai ekonomis, dengan menukar sampah di bank sampah maka ada tabungan yang dihasilkan oleh masyarakat sekitar,”ungkapnya.

Program bank sampah itu bisa mengubah paradigma masyarakat untuk memaknai sampah sebagai sesuatu yang mempunyai nilai untuk dimanfaatkan kembali sekaligus mengurangi jumlah sampah di Kota Tangsel.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Toto Sudarto, menjelaskan, bank sampah ini bekerjasama dengan PT Pegadaian, kerjasama dengan swasta ini baru pertama kalinya dilakukan di Bank Sampah Teratai RW 04. “Masyarakat yang menjadi nasabah bank sampah ini bisa ditukarkan dengan emas maupun umroh, karena semakin rajin masyarakat memilah sampah dari rumah, mereka datang ke bank sampah untuk menabung semakin besar emas dan kesempatan umroh yang mereka dapatkan, karena bank sampah ini bekerjasama dengan PT Pegadaian untuk menjalankan hidup sehat, memilah sampah menabung emas.”ungkapnya.

BACA JUGA :   Pengelolaan Kawasan Terintegrasi Di Harapkan Dapat Wujudkan Pertanian Yang Mempunyai Daya Saing

Kepala Kantor Pegadaian Wilayah IX Jakarta II, Ngadenan, mengatakan, PT Pegadaian (Persero) meresmikan Bank Sampah Teratai RW 04, dengan mengambil tema “The Gade Clean & Gold”, di Pondok Pucung. Melalui Bank Sampah ini, Pegadaian ingin mengubah sampah rumah tangga menjadi tabungan emas.

Dia mengatakan, dengan adanya bank sampah di Pondok Pucung diharapkan dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat setempat. Masyarakat bisa menjual sampah dan hasil penjualannya bisa disimpan dalam bentuk tabungan emas Pegadaian.

BACA JUGA :   Pembangunan Hukum Berbasis Keadilan Dan Kemanusiaan Dalam Sistem Pancasila

“Kita berharap, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan akan meningkat. Sehingga, program Sampah Menjadi Emas yang kita canangkan bersama-sama pemerintah, dapat mencapai hasil yang maksimal,” ujarnya.

Lanjutnya, tujuan pendirian Bank Sampah adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup masyarakat, mengurangi dampak sampah lingkungan, sekaligus meningkatkan sumber penghidupan. Diresmikannya Bank Sampah ini merupakan salah satu perwujudan dari program CSR (Corporate Social Responsibility) Pegadaian yang bertajuk Pegadaian Bersih-bersih, yang terdiri dari Program Bersih Administrasi, Bersih Hati, dan Bersih Lingkungan, sebagai bentuk kepedulian sosial Pegadaian kepada masyarakat.

“The Gade kini menjadi nickname untuk Pegadaian dan sudah menjadi brand yang dikenal kalangan milenial. Apalagi The Gade Coffee & Gold kini tersebar di banyak kota di Indonesia menjadi gerai Pegadaian sekaligus cafe yang instagramable,” jelasnya.

(humas_kominfo)

Facebook Comments
ADVERTORIAL NEWS TANGERANG SELATAN