Peringati Hari Nusantara Kemendagri Gelar Seminar

DEPOK,Citranewsindonesia– Dalam rangka memperingati Hari Nusantara yang jatuh pada setiap tanggal 13 Desember tiap tahunnya, Kemenko Bidang Kemaritiman bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan Universitas Pancasila mengadakan Seminar Internasional dengan mengambil tema “The Implementation of UNCLOS 1982 : Asean Perspective” yang dilaksanakan di Aula Soekarno Fakultas Hukum Universitas Pancasila di Lenteng Agung Jakarta Selatan. Dalam seminar ini dipandu oleh Moderator senior H E Amb Mulya Mulyana.

Pembicara utama yaitu Retno LP Marsudi (Menteri Luar Negeri Republik Indonesia),Menyampaikan materi mengenai arus Globalisasi,Pengungsi negara negara yang terkena konflik, Kenegaraan yg sedang berkembang dan itu harus dipikirkan dan dibantu oleh negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

BACA JUGA :   Peringati Hari Pahlawan,Satgas Pamtas 643 Gelar Jelajah Alam Perbatasan

Selanjutnya Dr Edi Pratomo SH (Dosen Hubungan Bidang studi Internasional Universitas Pancasila) Menyampaikan Materi mengenai Pulau Sipadan dan Ligitan yang di perebutkan Negara Indonesia dan Malaysia yang akhirnya untuk sementara di menangkan Malaysia, itu bukan karena Diplomasinya Indonesia Lemah,tapi Sejarah Mahkamah Sidang Internasional PBB Membuktikan bahwa Indonesia tidak bisa membuktikan secara Aspek Hukum Nasional,sehingga kedua pulau tersebut tetap masih dibawah Pengawasan Negara Malaysia.

Sementara H E Amb Pham Vinh Quang memberikan materi tentang ” Ambasador of Vietnam,H E Amb Lee Hiong Tan Wee memberikan materi tentang”to Indonesia Ambasador of Filipines to Indonesia“Dr iur Charge d’Afaaires,Embassy of Malaysia Jakarta Damos Dumoli Agusman,SH,MA.

BACA JUGA :   Pembutan Lobang Biopori Di Kelurahan Balekambang Dilaksanakan Secara Bertahap

Laksamana Pertama Dr Kresno Buntoro,SH,LL.M memberikan Materi tentang Pertahanan dan keamanan perbatasan Indonesia dengan Negara yang perlu di perhatikan dan di fahami oleh masyarakat Indonesia mengenai batas batas wilayah NKRI sehingga tidak timbul kesalah fahaman dan menyalah gunakan atau mengartikan sendiri.

Reporter : Dindin S.

Facebook Comments

Dindin Sarifudin

Wakil Pemred

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH