WAKIL WALIKOTA BUKA FORUM OPD DISDUKCAPIL DAN DISNAKER

WAKIL WALIKOTA BUKA FORUM OPD DISDUKCAPIL DAN DISNAKER

TANGSEL,Citranewsindonesia- Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie membuka acara kegiatan Forum Gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Tangsel di Aula Sport Center, Alam Sutera, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel, Kamis (8/3).

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, menjelaskan, forum OPD gabungan ini untuk merencanakan dan merancang target yang dituangkan dalam instrumen pendapatan dan belanja daerah untuk 2019 mendatang.

Benyamin menyampaikan bahwa forum OPD merupakan penampung dan penjaring aspirasi masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan perencanaan menggunakan sistem perencanaan atas-bawah (bottom-up planning) berdasarkan azas demokrasi

“Forum OPD ini diselenggarakan sebagai suatu mekanisme perencanaan yang mengkombinasikan proses-proses partisipatif dari seluruh aparatur dan stakeholder dilingkungan Pemerintah Kota Tangsel,”ungkapnya.

Dua dinas ini memiliki peran penting karena sama-sama menekankan Sumber Daya Manusia (SDM).Dimana Disdukcapil memberikan pelayanan, jika sehari melayani 1000 KTP berarti 1000 orang yang dilayani per hari oleh Disdukcapil. Oleh karena itu, berbagai perangkat seperti lurah, camat berkumpul disini untuk meningkatkan produktivitas pelayanan dan menyampaikan program kegiatan yang dapat diusulkan di 2019.

BACA JUGA :   Wakil Bupati Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si Kunjungi Kantor Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Utara

Begitu pula dengan Disnakertrans, Benyamin mengungkapkan, Jobfair tahun lalu sebanyak 10.500 lowongan kerja (loker) dari berbagai perusahaan tapi yang masuk hanya 5 ribu lamaran. Ini terlihat ada kesenjangan, padahal pangsa pasarnya bagus karena banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan namun belum dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat Tangsel, dan ini perlu ditingkatkan lagi.

Dalam forum OPD ini seyogyanya akan mendapatkan masukan yang strategis untuk 2019. Sehingga harapan dua dinas ini dapat mencapai target pembangunannya di 2019.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel Toto Sudarto mengungkapkan capaian pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sudah mencapai 90 persen dan mudah-mudahan di 2019 bisa mencapai 97 persen.

BACA JUGA :   Walikota Tangsel Raih Penghargaan Dari Kemenkumham

“Kami mohon kerjasamanya, agar semua penduduk di Tangsel bisa mempunyai akta kelahiran, KTP Elektronik, Kartu Keluarga (KK), surat nikah dan akta kematian.”ungkapnya.

Dan dirinya berharap, bagi masyarakat yang belum melakukan updating data maka, segera lakukan updating data kartu keluarga. Untuk usulan kegiatan Disdukcapil Tangsel untuk 2019 mencapai 14 miliar dengan 19 program diharapkan dengan kegiatan forum ini bisa meminimalisir usulan yang ada.

Sementara Kepala Disnaker Tangsel Purnama Wijaya mengungkapkan, usulan Disnaker sebesar 8 program dengan anggaran Rp 8.4 miliar. “Kegiatan diantaranya pembinaan dan peningkatan kapasitas kelembagaan dan aparatur dinas ketenagakerjaan, penyediaan dan pemeliharaan barang dan jasa perkantoran dan lainnya, dengan adanya forum ini diharapkan mendapatkan usulan dan masukan untuk kegiatan di 2019 dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki,”jelasnya.

(humas_kominfo)

Facebook Comments
NEWS SERPONG TANGERANG SELATAN